Pilkada Serentak Jatim Dijadwalkan September 2020

Iklan

Pilkada Serentak Jatim Dijadwalkan September 2020

@surabayaaktual
20/07/19
Surabayaaktual.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dijadwalkan pada September tahun 2020 dan akan diikuti serentak dari separuh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Dari 38 kabupaten/kota di Jatim, 19 diantaranya akan menggelar Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Pemilihan Wali Kota (Pilwali).

Ketua KPU Jatim Choirul Anam menyampaikan, Pilbup dan Pilwali itu akan diselenggarakan serentak. Estimasi penyelenggaraan Pilgub dan Pilwali dilaksanakan bulan September 2020. "Direncanakan hari ‘H’-nya tanggal 23 September,” kata dia, Jum'at (19/07/19)

Anam menyebutkan 19 kabupaten/kota itu adalah Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Malang Pasuruan, Sidoarjo dan Lamongan. Selain itu, Tuban, Gresik, Mojokerto, Sumenep, Situbondo, Jember, dan Banyuwangi. Sedangkan tiga kota, yakni Surabaya, Kota Pasuruan dan Kota Blitar.

Sebagai tahap persiapan, KPU telah menggelar rapat koordinasi (rakor) pada 16-18 Juli Juli 2019 lalu di Kediri. Hal ini terkait sinkronisasi penyusunan program, anggaran, tahapan, serta jadwal Pilkada serentak. Sedangkan pada tanggal bersamaan yakni 18 Juli 2019, juga dilakukan sosialisasi Pilkada serentak Jawa Timur di Madiun.

Choirul Anam menerangkan penyusunan program, anggaran, tahapan, serta jadwal Pilkada perlu dilakukan. Hal itu bertujuan agar diketahui mana yang penting atau tidak, sesuai atau tidak sesuai dengan perundangan, serta apakah setiap tahapan sudah tersedia penganggarannya.

Namun, lebih penting pula, melalui rakor itu dilakukan review bersama terhadap rencana penganggaran yang telah disusun tiap KPU kabupaten/kota.

“Sehingga semua komisioner kabupaten/kota memahami perencanaan dan penganggaran, baik perencanaan strategis maupun operasional,” terang Anam. (jj/a1)