23,5 Ton Sampah Berhasil Terkumpul dari Kegiatan Kerja Bakti Massal

Iklan

23,5 Ton Sampah Berhasil Terkumpul dari Kegiatan Kerja Bakti Massal

@surabayaaktual
09/08/19
Surabayaaktual.com - Sebanyak 23,5 Ton sampah berhasil dikumpulkan dari kegiatan kerja bakti massal bersih-bersih di pantai utara Surabaya, Jum'at (09/08/19).

Sampah yang berhasil dikumpulkan itu, kemudian diangkut menggunakan 15 dump truck menuju Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Kerja bakti massal yang melibat 6000 orang dari lintas OPD (Organisasi Perangkat Daerah) TNI, Polri, BUMN, BUMD, Swasta, dan pelajar sekolah itu dimulai sejak pukul 06.00 Wib.

Mereka terlihat begitu kompak dan antusias membersihkan sampah di ujung utara Surabaya. Lokasinya, mulai dari bawah kaki Jembatan Suramadu hingga watu - watu kenjeran.

Kebanyakan, sampah tersebut berupa plastik kemasan. Selain itu, ada juga ditemukan sampah pecahan kaca dan kain bekas. Kebanyakan sampah ini berasal dari laut ketika pasang, dan akhirnya tersangkut saat air surut.

Tidak hanya itu, kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke 74 RI ini, juga dilakukan penanaman pohon cemara udang. Setidaknya ada 500 pohon cemara udang yang ditanam.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan pohon cemara udang ini bisa menahan abrasi laut, hempasan ombak dan angin laut.

"Saya percaya ini bisa melindungi Surabaya dari bahaya bencana, angin topan, dan sebagainya," kata Wali Kota Risma di sela kegiatan berlangsung.

Menurutnya, pohon cemara udang ini butuh waktu yang lama untuk tumbuh lebat. Karena itu, umurnya bisa sampai ratusan tahun. Menariknya, pohon ini bisa tetap tumbuh apabila terkena hempasan air laut.

"Seluruh dunia mengeluh global warming. Kita tidak usah mengeluh, tapi kita langsung tangani," ujar Wali Kota Risma.

Karena itu, ia berharap, melalui upaya ini alam di Surabaya bisa terus terjaga kelestariannya. Namun, dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak, baik pemerintah ataupun warga, supaya alam di Surabaya tetap terjaga kelestarian dan kebersihannya. (a1)