Cerianya Semarak Kemerdekaan dengan Sego Rongewu

Iklan

Cerianya Semarak Kemerdekaan dengan Sego Rongewu

@surabayaaktual
05/08/19
Surabayaaktual.com - Ikatan Alumni SMP 10 Surabaya (IKASDASA) yang terkenal dengan program bentuk partisipasi kepedulian kepada masyarakat kurang mampu atau kaum dhuafa, terus konsisten menggelar acara yang akrab dengan sebutan Sego Rongewu.

Dalam lawatannya ke 32, kali ini IKASDASA mengunjungi warga seputaran RW 08 Jalan Embong Blimbing, Kecamatan Tegalsari Surabaya, Minggu (04/8/2019).

Ketua Ikasdasa, Bambang Udi Ukoro mengatakan, kegiatan sosial sego rongewu pada dasarnya bertujuan untuk mengedukasi atau mengajak masyarakat berbagi pada sesama. Karena menurutnya, berbagi tidak harus mereka yang mampu.

"Dengan membeli nasi kotak seharga Rp 2 ribu, mereka sama halnya sudah membantu saudaranya yang lain," kata Bambang Udi saat ditemui awak media di lokasi acara.

Ia menjelaskan nantinya uang hasil penjualan Sego Rongewu itu akan dikembalikan lagi untuk digunakan pada acara yang sama di tempat lain. Pihaknya sengaja berpindah-pindah tempat dan memilih pemukiman padat penduduk untuk menyisir para kaum dhuafa.

"Karena kebahagiaan mereka juga merupakan kebahagian kami," tuturnya.

Selain menyediakan nasi kotak harga Rp 2 ribu, dalam setiap lawatannya panitia juga menjual pakaian dengan harga murah dan sepatu baru.

Salah satu warga, yang ditemui di lokasi mengaku awalnya, merasa kurang percaya ada nasi kotak seharga Rp 2 ribu. Apalagi, dengan menu yang lengkap, seperti nasi, sayur, ayam beserta telur. Namun setelah tahu, akhirnya ia percaya dan mengapresiasi kegiatan itu.

"Semoga acara ini ada terus di wilayah kami. Lumayan kan, bisa membantu warga yang tidak punya uang. Saya juga berterima kasih sekali pada panitia," kata Ifa sapaan lekatnya. (Ron/A1)