Surabaya Wakili Indonesia dalam KTT Kota Layak Anak di Jerman

Iklan

Surabaya Wakili Indonesia dalam KTT Kota Layak Anak di Jerman

@surabayaaktual
03/08/19
Surabayaaktual.com - Surabaya akan mewakili Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kota Layak Anak (KLA) tingkat internasional di Jerman pada 11 - 18 Oktober 2019 mendatang.

Kota Pahlawan terpilih mewakili Indonesia karena sebelumnya berturut menjadi juara KLA terbaik tingkat nasional.

Kepala Perwakilan UNICEF Pulau Jawa, Arie Rukmantara mengatakan, KTT KLA di Jerman akan dihadiri lebih dari 80 wali kota yang berhasil menjadi juara utama KLA di masing negaranya.

“KTT KLA di Jerman nanti akan dihadiri lebih dari 80 lebih wali kota yang kotanya terpilih sebagai KLA tingkat nasional dari seluruh dunia,” kata Arie saat ditemui awak media di Surabaya, Jum'at (02/08/19).

Menariknya, sebelum KTT itu berlangsung, Pemkot Surabaya bersama Unicef akan mengadakan workshop fotografi untuk 20 anak atau pelajar jenjang SD dan SMP di Surabaya. Dari 20 anak tersebut, akan dipilih satu, untuk mendampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menghadiri KTT KLA di Jerman.

"Kegiatan workshop ini merupakan hadiah turunan yang diberikan Unicef kepada Kota Surabaya karena berhasil menjadi KLA terbaik di Indonesia," jelasnya.

Selain itu, lima hasil karya fotografi terbaik dari 20 anak tersebut juga akan dipamerkan di Jerman untuk disaksikan lebih dari 80 wali kota dan pengamat dari seluruh dunia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya, M Fikser menjelaskan workshop fotografi ini bertujuan untuk memberikan peluang keterampilan kepada anak-anak Surabaya yang punya keinginan menjadi fotografer profesional.

“Dari 20 anak itu, akan dipilih satu terbaik untuk berangkat mendampingi Wali Kota Risma mengikuti KTT KLA di Jerman,” kata Fikser.

Pria yang menjabat sebagai Kabag Humas Pemkot Surabaya ini juga menjelaskan, kegiatan workshop fotografi ini akan diadakan di Koridor Co-Working Space Siola, pada 5 – 9 Agustus 2019. Sedangkan untuk pemateri workshop itu adalah Giacomo Pirozzi, seorang fotografer profesional Unicef kebangsaan Italy.

“Workshop ini akan dilaksanakan di Koridor selama lima hari, nanti juga ada studi di lapangan, mereka (anak-anak) langsung mempraktekkan apa yang telah didapatkan saat di kelas,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, Surabaya menjadi satu dari dua kota di Negara lain yang berkesempatan menggadakan workshop fotografi untuk anak-anak. Dua negara lain itu adalah Mongolia dan Vietnam. Dari workshop itu, akan terpilih satu anak untuk mendampingi pemimpin daerahnya menghadiri KKT KLA di Jerman. (A1)