Tekan Harga Cabai, Disperindag Jatim Gelar Operasi Pasar Murah

Iklan

Tekan Harga Cabai, Disperindag Jatim Gelar Operasi Pasar Murah

@surabayaaktual
03/08/19
Surabayaaktual.com - Pemprov Jatim Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar operasi pasar (OP) murah cabai rawit di pasar Wonokromo dan Tambakrejo Surabaya, Jum'at, (02/08/19).

Dalam OP itu, Disperindag Jatim menyediakan cabai rawit dengan harga Rp 50 ribu per kilogram. Operasi pasar ini dilakukan untuk merespon kenaikan harga cabai yang sudah mencapai Rp 75 ribu per kilogram.

Kepala Disperindag Jatim, Drajat Irawan mengatakan, OP ini dilaksanakan bersama dengan Bulog Divisi Regional Jatim untuk merespon kenaikan harga cabai rawit yang sudah mencapai rata-rata Rp 75 ribu per kilogram

"Kita mengadakan Operasi Pasar cabai atau pasar murah cabai ini di pasar Tambak Rejo dan pasar Wonokromo. Pemkot Surabaya hari ini juga mengadakan OP di pasar Genteng dan pasar Benowo," kata dia, saat OP di Pasar Tambakrejo Surabaya.

Ia menjelaskan, OP cabai murah ini sebelumnya juga sudah dilaksanakan oleh beberapa kabupaten / kota. Bahkan sudah dilaksanakan mulai 16 Juli lalu. Nantinya, OP ini terus dilaksanakan, hingga harga cabai stabil.

“Selanjutnya terus kita adakan Operasi Pasar cabai ini bersama Bulog sampai menjelang panen raya. Ya mudah-mudahan nanti panen raya sekitar Agustus akhir sampai September, sebelum itu sudah stabil," ungkapnya.

Sementara itu, ia menyebut, banyaknya stok yang disiapkan dalam OP cabai rawit ini, totalnya tergantung dari masing-masing penyedia, dalam hal ini Bulog.

Tetapi untuk hari ini, di Pasar Wonokromo disediakan 100 kilogram, sedangkan Pasar Tambak Rejo disediakan 100 kilogram, total 200 kilogram dengan harga Rp 50 ribu per kilogram. Tetapi pada OP ini panitia menyediakan cabe rawit dengan berat 1 ons dan 2,5 ons.

"Yang banyak beli yang dikemas satu Ons-an, sekitar Rp 5 ribu dan 2,5 ons harga Rp 12.500. Dengan demikian diharapkan masyarakat yang membutuhkan cabai bisa mendapatkan sesuai kebutuhannya," pungkasnya. (Ry/A1)