Wali Kota Risma: Terima Kasih Liverpool

Iklan

Wali Kota Risma: Terima Kasih Liverpool

@surabayaaktual
08/08/19
Surabayaaktual.com - Sejumlah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), pemain sepak bola U-16 dan delegasi pendidikan Kota Surabaya, telah kembali dari Liverpool, Inggris. Sebelumnya, mereka memang dikirim Pemkot Surabaya untuk belajar di kota pelabuhan negeri Ratu Elizabeth itu.

Sepulang dari Liverpool ini, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali menemui ABK, pemain sepak bola U-16 dan delegasi pendidikan itu di Balai Kota Surabaya, Rabu (07/08/19). Pertemuan tersebut, untuk membuat video ucapan terima kasih kepada Liverpool.

Dengan mengenakan kebaya coklat muda, Wali Kota Risma tampak antusias menyiapkan kekompakan anak-anak ABK dan pesepak bola saat pembuatan video tersebut.

Dalam video tersebut, wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan ini mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Liverpool, Joe Anderson, Wakil Wali Kota, Gary Millar, Mark Palios dan John Patterson, atas dukungan dan perhatian kepada siswa dan delegasi pendidikan Surabaya selama enam minggu belajar di Liverpool.

“Sebagai Wali Kota Surabaya, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan perhatian Anda yang luar biasa kepada siswa dan guru kami,” kata dia.

Sedangkan, kepada anak-anak yang menimba ilmu di Liverpool, Wali Kota Risma menanyakan apa saja yang sudah dipelajari. Satu persatu anak-anak pun bercerita selama mereka menempuh pendidikan. Salah satu siswi kemudian memperagakan jalan menggunakan tongkat tanpa menggunakan bantuan orang lain.

“Mereka bisa belajar tentang kehidupan. Memang saya paksa untuk belajar keluar karena selama ini mereka bergantung pada orang lain. Mungkin dimulai di sekolah dulu, mereka harus mandiri,” katanya.

Menurutnya, apa yang telah dipelajari anak-anak di St Vincet’s School itu dapat diterapkan oleh guru-guru untuk mendidik siswa-siswi ABK di Surabaya. Harapannya, siswa ABK yang lain juga terlatih.

”St Vincent’s sudah berdiri sejak 400 tahun lalu. Semua gurunya profesor. Itu kenapa kami percayakan anak-anak belajar di sana,” terangnya.

Salah satu ABK yang ikut ke Liverpool adalah Muhammad Hilbram. Ia mengaku mendapat banyak pelajaran, seperti belajar olahraga, komputer, games, dan keliling kota.

“Senang sekali di sana, sering main bareng dengan teman-teman baru,” kata Ilbam sapaan akrabnya.

Ilbam juga mengaku guru favoritnya selama belajar di Liverpool adalah kepala sekolah St Vincet’s School bernama Mr John. Selain itu, ia juga menyebutkan beberapa nama teman di Liverpool yang menjadi sahabatnya.

“Di sana (Liverpool) sahabatku ada Anthony, Albert. Kalau Mr John orangnya lucu bikin ketawa terus,” tutupnya. (Hn/A1)