SMPN 26 Surabaya Raih Juara Pertama LSS Kategori Kinerja Terbaik

Iklan

SMPN 26 Surabaya Raih Juara Pertama LSS Kategori Kinerja Terbaik

@surabayaaktual
15/11/19
SMPN 26 Surabaya raih juara pertama LSS kategori best performance | istimewa

Surabayaaktual.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui SMPN 26 Surabaya berhasil menyabet juara pertama Lomba Sekolah Sehat (LSS) berkarakter Tingkat Nasional tahun 2019.

SMPN 26 Surabaya yang berada di Jalan Raya Banjarsugihan No. 21, Kecamatan Tandes Surabaya itu, berhasil meraih juara pertama pada kategori Kinerja Terbaik (best performance) untuk jenjang SMP/MTs.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Masyarakat, Kesenian dan Olahraga Pendidikan (PDKOP), Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Thussy Aprilliandari mengatakan, Pemkot Surabaya memiliki komitmen yang kuat dalam mewujudkan lingkungan sekolah sehat dan berkarakter di segala jenjang pendidikan, mulai TK, SD, hingga SMP.

“Ibu Wali Kota (Tri Rismaharini) memiliki kepedulian yang sangat tinggi dalam menciptakan lingkungan sekolah sehat di Surabaya,” kata Thussy, Jum'at (15/11/19).

Menurutnya, pelaksanaan program UKS/M di sekolah menjadi strategis, karena upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang ditujukan kepada peserta didik di sekolah (jasmani, rohani, dan sosial) merupakan salah satu mata rantai.

“Namun yang paling penting dari program ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas hidup masyarakat Surabaya,” katanya.

Di waktu terpisah, Kepala SMPN 26 Surabaya, Akhmat Suharto menambahkan, untuk mewujudkan lingkungan sekolah sehat, ada beberapa program unggulan yang telah diterapkan di SMPN 26 Surabaya. Yakni, kantin apung, program 3R (reduse, reuse, dan ryclce), taman refleksi, satgas anti narkoba, hingga kegiatan sarapan pagi bersama.

“Keberhasilan dan kesuksesan yang diraih merupakan kerja keras bersama dari semua pihak, tanpa adanya dukungan dari warga sekolah dan lingkungan masyarakat mustahil ini akan dicapai,” pungkas Akhmat.

Untuk diketahui, lomba yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini (Kemedikbud) ini diikuti 96 sekolah dari 26 provinsi dan 82 kabupaten/kota se-Indonesia. Perinciannya, jenjang TK/RA 22 Sekolah, SD/MI 24 sekolah, SMP/MTs 26 sekolah, dan SMA/SMK/MA 24 sekolah.

Ada tiga kategori pemenang dalam lomba kali ini. Pertama adalah kinerja terbaik (best performance), pencapaian terbaik (best achievement), pembinaan karakter siswa terbaik (best character). (A1)