Pastikan Keamanan Malam Tahun Baru, Forpimda Surabaya Keliling Tinjau Pos Pam

Iklan

Pastikan Keamanan Malam Tahun Baru, Forpimda Surabaya Keliling Tinjau Pos Pam

@surabayaaktual
31/12/19
Forpimda Surabaya saat meninjau Pos Pam yang berada di Jalan Pemuda Surabaya | Foto: Redaksi

Surabayaaktual.com - Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Surabaya berkeliling meninjau Pos Pengamanan (PAM) yang tersebar di beberapa titik wilayah Kota Pahlawan, Selasa (31/12/19) sore.

Tinjauan ini dilakukan dilakukan usai jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkot Surabaya menggelar apel pengamanan malam tahun baru bersama Kepolisian dan TNI di Taman Surya Balai Kota Surabaya.

Hadir dalam kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho, Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf. Sudaryanto, Kajari Surabaya beserta Kajari Tanjung Perak. Ada pula Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya serta beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemkot Surabaya.

Beberapa lokasi Pos Pam yang dikunjungi itu berada di Jalan Pemuda, Taman Bungkul, Jalan Polisi Istimewa, Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jalan Tanjung Sadari Tanjung Perak, dan Jalan Undaan (Pasar Atom).

Wali Kota Risma memastikan, bahwa beberapa tahun terakhir Surabaya aman, bahkan tidak ada kejadian yang begitu mencolok. Kendati demikian, pihaknya berharap, ketertiban dan keamanan ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan.

"Yang saya pesankan adalah jangan sampai kemudian ada konvoi yang kemudian menimbulkan gesekan, ada kecelakan. Semaksimal mungkin kita hindari," kata dia.

Ia mengungkapkan, beberapa tahun lalu, di malam tahun baru banyak warga yang bermain petasan. Bahkan, akibat petasan tersebut, ada warga yang tangannya hingga diamputasi karena ledakan. Maka dari itu, Wali Kota Risma berharap, malam tahun baru ini tidak ada yang bermain petasan.

"Kita berharap ini tidak ada lagi, karena untuk apa kemudian (bermain petasan) kalau terjadi kecelakaan," ujar wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.

Pos Pam yang berada di Jalan Tanjung Sadari Tanjung Perak | Foto: Redaksi

Kendati demikian, kata dia, jajaran di lingkungan Pemkot Surabaya bersama TNI dan Polri memastikan akan terus menjaga Surabaya agar tetap aman dan kondusif. Sehingga warga bisa menjalankan aktifitasnya masing-masing.

"Alhamdulillah sampai saat ini (aman) mudah-mudahan terus sampai selesai kita bisa menyelesaikan ini, meskipun pasca tahun baru pun relatif aman," jelasnya.

Di waktu yang sama, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho menyampaikan, setidaknya ada 2050 personel kepolisian yang dikerahkan untuk pengamanan malam tahun baru ini. Mereka melakukan pengamanan di pusat kota maupun pintu masuk Surabaya bersama jajaran TNI, Satpol PP, Dishub, Linmas serta petugas PMK.

"Pintu masuk Surabaya ada tujuh titik, akan kita laksanakan penebalan dengan teman-teman Dishub. Kemudian yang di dalam kota ada di Pos Pam, tempat hiburan, tempat wisata, gereja ada juga di tempat-tempat perbelanjaan," kata Kapolres.

Ia mengungkapkan, bahwa penyekatan akan dilakukan di tujuh titik pintu masuk Surabaya untuk mengantisipasi apabila Kota Surabaya sudah terlalu padat. Karena itu, di pos-pos tersebut dilakukan penebalan keamanan.

"Maka kita akan berikan penebalan untuk pos-pos itu (pintu masuk Surabaya), baik itu dari kepolisian, TNI, Brimob, Trantib, Linmas, Satpol PP dan Dishub. Dan semuanya bahu-membahu menjaga Surabaya," pungkas dia. (An)