DKRTH Lanjutkan Perantingan Pohon di Jalan A. Yani, Jalur Mobil Arah Surabaya Ditutup Sementara

Iklan

DKRTH Lanjutkan Perantingan Pohon di Jalan A. Yani, Jalur Mobil Arah Surabaya Ditutup Sementara

@surabayaaktual
10/01/20
Kegiatan perantingan pohon yang dilakukan DKRTH Surabaya | Dok. Pemkot Surabaya

Surabayaaktual.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya mengurangi dampak buruk cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi selama beberapa hari.

Salah satunya yakni, dengan melakukan perantingan pohon angsana (sonokembang) di Jalan A. Yani Surabaya, Kamis (9/1/2020). Rencananya, perantingan di Jalan A. Yani bakal kembali dilanjutkan pada Sabtu, (11/1/2020).

Saat kegiatan berlangsung, jalan protokol untuk jalur mobil arah Kota Surabaya bakal ditutup. Kendaraan sementara dialihkan ke jalur frontage untuk melancarkan kegiatan perantingan pohon.

Kabid Ruang Terbuka Hijau dan Penerangan Jalan Umum, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Hendri Setianto mengatakan, pihaknya bakal melanjutkan kegiatan perantingan pohon angsana di Jalan A. Yani, Sabtu (11/1), mulai pukul 06.00 - 12.00 WIB.

"Jadi kita akan meneruskan kegiatan perantingan pohon, mulai di depan Mapolda Jatim hingga Taman Pelangi," kata Hendri di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Jum'at (10/1/2020).

Disamping itu, kata Hendri, pada Minggu (12/1) pagi, kegiatan perantingan pohon angsana juga bakal dilakukan di Jalan Raya Darmo dan Wonokoyo. "Karena di Darmo ada beberapa pohon yang harus diturunkan ketinggiannya," katanya.

Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau, DKRTH Surabaya, Rochim Yuliadi mengungkapkan, kegiatan perantingan pohon ini melibatkan tujuh tim dari beberapa rayon. Setidaknya ada 490 petugas yang diterjunkan dalam kegiatan ini. "Selain itu kita juga terjunkan Tim Kadaka dari DKRTH," kata Rochim.

Tim Kadaka ini merupakan petugas khusus perantingan pohon yang dibentuk DKRTH Surabaya. Mereka biasa bertugas di saat-saat urgent, atau ketika ada taruna mendadak dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya, M. Fikser menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang melakukan aktifitas saat gelaran Car Free Day (CFD) di Jalan Raya Darmo pada Minggu (12/1) pagi.

"Kita sampaikan permohonan maaf kepada warga yang punya aktifitas di CFD, karena akan sedikit terganggu adanya kegiatan perantingan pohon," kata Fikser.

Menurutnya, kegiatan perantingan pohon dilakukan saat gelaran CFD karena sekalian Jalan Darmo ditutup. Jika dilakukan saat malam atau hari kerja, maka bisa berpotensi mengganggu aktifitas kendaraan dan warga sekitar.

"Makanya kita lakukan perantingan saat CFD, tapi kita akan berusaha mulai melakukan aktifitas ini sedini mungkin," pungkas dia. (A1)