Puluhan Pewarta di Surabaya Rajin Ikuti Pengecekan Kesehatan dan Pemberian Vaksin

Iklan

Puluhan Pewarta di Surabaya Rajin Ikuti Pengecekan Kesehatan dan Pemberian Vaksin

Editorial
03/02/20
Pengecekan kesehatan dan pemberian vaksin oleh Dinas Kesehatan Surabaya | Foto: Istimewa
Surabayaaktual.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin influenza bagi para pewarta, Senin (3/2/2020) . Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pemkot terhadap kesehatan para pewarta.

Pengecekan kesehatan dan vaksin yang berlangsung di Kantor Bagian Humas ini, berlangsung selama tiga jam, mulai pukul 09.00 – 12.00 wib. Pewarta dari berbagai media pun hadir untuk mengecek kesehatan mereka. Mulai dari tensi darah, gula darah hingga kolesterol.

Kepala Dinas Kesehatan, Kota Surabaya, Febria Rahmanita mengatakan, upaya pemberian vaksin ini dilakukan untuk melindungi pewarta dari resiko terinfeksi virus influenza. Hal ini mengingat para pewarta bertugas di lapangan dan beresiko lebih tinggi dibandingkan pekerja di dalam ruangan.

“Ini adalah bentuk partisipasi pemkot untuk melindungi wartawan yang bekerja sama dengan Pemkot Surabaya,” kata Feny sapaan akrab Febria Rachmanita.

Feny menjelaskan, vaksin ini diberikan bagi pekerja yang beresiko. Seperti pewarta dengan jam terbang yang cukup tinggi. Sehingga di kondisi saat ini, pewarta tetap sehat dan bisa menjaga kondisi. “Kami memberikan vaksin influenza bagi mereka petugas yang beresiko. Wartawan salah satunya,” ujarnya.

Feny berharap, langkah ini dapat menjaga petugas yang beresiko khususnya para pewarta agar tetap sehat dan dapat bertugas dengan baik. “Harapannya, semua petugas beresiko tetap sehat dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” terangnya.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkot Surabaya terhadap kondisi kesehatan para pewarta | Dok Foto: Zainal Ibad

Salah satu pewarta yang mengikuti pengecekan kesehatan adalah Esti Widiyana. Pewarta dari media cetak Memo-X Surabaya ini mengapresiasi pemberian vaksin dari pemkot. Bagi dia, pemberian vaksin ini adalah bentuk perhatian dari pemerintah bagi profesi wartawan. Terlebih, pengecekan seperti kolesterol dan gula darah adalah hal yang cukup penting yang terkadang lupa untuk dilakukan.

“Supaya kita semua lebih bisa menjaga kesehatan. Khususnya untuk pengecekan gula darah dan kolesterol supaya kami bisa menjaga pola makan,” kata Esti sapaan akrabnya.

Senada dengan Esti, Iwan Christiono, pewarta dari media Lensa Indonesia ini menilai, bahwa kegiatan yang difasilitasi Bagian Humas menunjukkan jika pemkot sangat peduli terhadap kesehatan. Terutama awarness terhadap kesehatan wartawan.

"Apalagi selama ini wartawan tidak banyak punya waktu. Dengan adanya check up kesehatan ini mereka jadi punya tolak ukur bagaimana kondisi kesehatannya," pungkasnya. (CH)