Masjid Al Falah Surabaya Jalankan Social Distance Cegah Penyebaran Covid-19

Iklan

Masjid Al Falah Surabaya Jalankan Social Distance Cegah Penyebaran Covid-19

Editorial
24/03/20
Jama'ah Masjid Al Falah Surabaya menjalankan shalat di teras masjid | Foto: DAP

Surabayaaktual.com - Menjalankan social distance di tengah penyebaran Covid-19, ta'mir Masjid Al Falah Surabaya mengimbau jama'ah tetap sholat, hanya saja dilakukan di rumah masing-masing. Melalui kumandang adzan, ta'mir masjid sengaja menambah seruan dalam adzan yang dipakai di Masjid Al Falah Surabaya.

Pernyataan ini disampaikan oleh Humas Masjid Al Falah Surabaya, Wirawan Dwi, saat ditemui awak media, Senin (23/3/2020) sore. Menurutnya, ta'mir sengaja menambahkan seruan agar jama'ah melakukan sholat di rumah.

"Untuk adzan, kita ada tambahan redaksionalan, di akhir adzan itu ada 'Sholluu fii buyutikum', jadi sholatlah di rumah kalian. Ini dalam rangka untuk seruan kepada masyarakat, bahwa sebaiknya sholatnya di rumah," ujarnya.

Wirawan memastikan, bahwa hal ini wajar, karena menurut keyakinan ta'mir masjid, hal yang terjadi saat ini, pernah juga dilakukan pada riwayat Nabi Muhammad SAW.

"Pada zaman Rosululloh juga pernah ada, ketika hujan deras, terus kemudian muadzin nya itu diminta untuk menambahkan redaksional dalam adzan," ungkapnya.

Saat ini, memang peniadaan sholat berjama'ah di Masjid Al Falah Surabaya sudah dilakukan sekitar 3 hari lamanya. "Kalau sampai kapannya kita Wallahu a'lam, mudah-mudahan kita semua berharap, agar segera pulih, yang jelas kita update informasi, kita terus koordinasi, mudah-mudahan ada perkembangan yang kondusif," terang Wirawan.

Selain itu, kata Wirawan, ta'mir Masjid Al Falah Surabaya juga meniadakan beberapa agenda yang sudah terjadi. Bahkan kursus di masjid ini juga ditiadakan untuk sementara, hingga keadaan kondusif kembali.

"Tidak hanya sholat jama'ah, tapi seluruh kajian di sini juga diliburkan, kami juga punya lembaga kursus, yang jumlah siswanya itu ribuan setiap periodenya, itu juga kami liburkan semua," tandasnya.


Penulis: DAP
Editor: And