Gunakan Kode Unik 'Kue', Pengedar Narkoba Ini Dibekuk Polisi

Iklan

Gunakan Kode Unik 'Kue', Pengedar Narkoba Ini Dibekuk Polisi

@surabayaaktual
11/05/20
Tersangka (kanan) bersama barang bukti yang berhasil diamankan (Istimewa)

Surabayaaktual.com - Menggunakan kode unik 'kue', seorang pengedar narkoba dicokok Tim Satresnarkoba Polrestabes Surabaya di rumah kontrakannya di Jalan Peterongan, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo.

Pengedar yang berinisial YK (46), warga asal Jalan Dinoyo Gang Buntu, Surabaya ini dibekuk Tim Unit Idik I Satresnarkoba Polrestabes Surabaya, dipimpin Kanit Iptu Raden Kennardi.

"Tim kami menggerebek tersangka di rumah kontrakannya di Sidoarjo. Dalam penggeledahan tim kami menyita 24,18 gram narkoba jenis sabu," kata Kasat Resnarkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Memo Ardian melalui sambungan telepon, Senin (11/5/2020) sore.

Selain narkoba jenis sabu, dari rumah kontrakan tersangka juga disita sebuah timbangan elektrik dan buku yang digunakan sebagai rekapan penjualan barang haram itu.

"Dalam buku rekapan itu, tersangka menulis narkoba yang terjual dan stok dengan sebutan 'kue'. Kami sinyalir setiap transaksi tersangka ini menggunakan kode 'kue'," terang AKBP Memo.

Ia menyebut, bahwa tersangka sehari-hari bekerja sebagai tukang service air conditioner (AC). Awalnya pemantauan dilakukan timnya di rumah tersangka di Dinoyo, Surabaya. Namun, setelah mendapat informasi bahwa tersangka mengontrak di Sidoarjo, pemantauan difokuskan di rumah kontrakan tersangka tersebut.

Setelah memantau beberapa hari, tersangka menampakkan diri. Kennardi dan timnya langsung menyergap tersangka kemudian melakukan penggeledahan. Dalam penggeledahan itu didapati sabu dagangan tersangka disimpan dalam kardus filter akuarium.

Dalam pemeriksaan tersangka mengaku sudah beberapa bulan menjalankan bisnis terlarang tersebut. Dia berdalih penghasilannya sebagai tukang sevis AC hanya cukup untuk makan sehari-hari. Sementara kebutuhan lain seperti membayar kontrakan wajib ia penuhi. (DAP)