Sebanyak 115 Warga Kedung Baruk Jalani Tes Swab Gratis

Iklan

Sebanyak 115 Warga Kedung Baruk Jalani Tes Swab Gratis

@surabayaaktual
20/05/20
Salah satu warga yang menjalani pemeriksaan swab (Foto: Istimewa)

Surabayaaktual.com - Sebanyak 115 warga Kedung Baruk, Rungkut Surabaya menjalani tes swab yang digelar Polrestabes dan Pemkot Surabaya. Sebelumnya mereka menjalani rapid test dan hasilnya reaktif.

Tes swab gratis itu digelar untuk mendeteksi dan memutus mata rantai COVID-19 di Surabaya. Pantauan di lokasi, warga yang akan mengikuti tes swab gratis terlebih dahulu didata. Mereka antre di balai pertemuan kampung sekitar.

Kemudian, petugas medis melakukan tes swab satu per satu. Warga harus mendekat ke mobil ambulans agar tenaga medis bisa mengambil sampel swab mereka.

Menariknya, mobil ambulans untuk tes swab ini didatangkan dari Jakarta. Sedangkan tenaga medisnya dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya. Setelah menjalani pengambilan swab, warga kemudian mendapatkan sembako.

"Pelaksanaan swab gratis ini bersama Forkopimda Kota Surabaya dengan inisiasi oleh Pak Kapolrestabes Surabaya ini. Untuk melakukan swab warga yang reaktif atas rapid test yang dilaksanakan," kata Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Anton Elfrino Trisanto, Rabu (20/5/2020).

Mobil ambulans yang digunakan untuk tes swab gratis (Foto: istimewa)

Kapolsek Rungkut Surabaya, AKP Hendry Ibnu Indarto menyampaikan, tes swab gratis itu digelar untuk warga Kedung Baruk. "Jadi untuk swab gratis ini, kita melaksanakan swab kepada warga yang kemarin sudah dilaksanakan rapid test itu reaktif sebanyak 115. Ini kita lakukan swab," ujar Hendry.

Nantinya, dari hasil swab itu apabila ada warga yang positif COVID-19, maka mekanisme selanjutnya akan dibawa oleh tim (medis) ke rumah sakit untuk mendapat peralatan lebih lanjut.

Menurut Hendri, petugas hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mengambil sampel swab setiap warga.

"Jadi kemarin yang dilakukan rapid sebanyak tiga kali ada 21 kemudian sudah diisolasi di hotel dan sudah dilakukan swab. Dan ini yang 115, belum dilaksanakan swab kita laksanakan swab," pungkas Hendry. (Dap)