Bikin Salut, Komunitas Bonek Kendangsari Sediakan Wifi Gratis bagi Pelajar Sekolah

Iklan

Bikin Salut, Komunitas Bonek Kendangsari Sediakan Wifi Gratis bagi Pelajar Sekolah

@surabayaaktual
27/07/20
Beberapa pelajar sekolah terlihat sedang memanfaatkan akses wifi gratis (Istimewa)

Surabayaaktual.com - Salah satu komunitas Bonek di Kelurahan Kendangsari Surabaya, menyediakan akses wifi gratis bagi pelajar sekolah. Tujuannya tak lain, untuk membantu para pelajar yang terbatas kuota internet saat mengikuti proses pembelajaran melalui daring.

"Tujuannya untuk membantu proses belajar adek-adek yang terbatasi oleh paket data atau jaringan internet," kata Ubros Syahili, salah satu anggota komunitas Bonek Kendangsari, Senin (27/07/2020).

Akses wifi gratis yang ditempatkan di Gedung LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan) Kendangsari Surabaya tersebut, didasari atas keprihatinan mereka terhadap kondisi orang tua pelajar yang kurang mampu. Sebab, di masa pandemi Covid-19 ini, banyak para orang tua yang terdampak kondisi ekonomi keluarganya.

"Tujuannya hanya untuk membantu proses belajar adek-adek agar lebih mudah dan membantu sedikit perekonomian orang tua dalam pembelian paket data," ujar Ubros.

Komunitas Bonek yang menamakan diri 'Militansi Bonek Ruwet' ini sebetulnya sudah beberapa minggu yang lalu menyiapkan akses wifi gratis bagi pelajar sekolah. Namun, karena keterbatasan dana sehingga baru terlaksana hari ini.

"Karena keterbatasan dana dan butuh waktu untuk mengumpulkan biaya untuk wifi sehingga baru bisa dimulai hari ini, Senin 27 Juli 2020," ungkap Ubros.

Akses wifi gratis ini ditempatkan di Gedung LPMK Kelurahan Kendangsari (Ist)

Nah, yang bikin salut lagi, rupanya komunitas Bonek ini juga membantu para pelajar itu mengerjakan tugas-tugas sekolah yang berhubungan dengan internet. Setidaknya ada dua anggota Bonek yang mendampingi para pelajar tersebut.

Salah satu pelajar yang memanfaatkan akses wifi gratis tersebut adalah Untung Surohpati. Pelajar kelas XI, SMKN 12 Surabaya itu mengaku sangat terbantu adanya fasilitas wifi gratis tersebut.

"Saya sangat senang dengan adanya wifi gratis dari teman-teman 'Militansi Bonek Ruwet Kendangsari' untuk belajar online," kata Untung. (Ubd/A1).