KPU Jatim Sebut Ada 41 Bapaslon Ikut dalam Pilkada 2020

Iklan

KPU Jatim Sebut Ada 41 Bapaslon Ikut dalam Pilkada 2020

07/09/20
Ilustrasi Pilkada 2020 (pixabay)

Surabayaaktual.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyebutkan ada 41 bakal pasangan calon (Bapaslon) ikut dalam gelaran Pilkada pada 19 kabupaten/kota di Jawa Timur pada 9 Desember 2020.
 
“Dari laporan KPU kabupaten/kota se-Jatim ada 41 bakal pasangan calon ikut pilkada Desember mendatang, dan seluruhnya berstatus diterima,” kata Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, Senin (7/9/2020).
 
Choirul Anam menjelaskan, untuk tahapan berikutnya, Bapaslon bakal menjalani tes kesehatan dan pemeriksaan verifikasi sebelum mereka ditetapkan sebagai pasangan calon (Paslon). “Untuk (tes, red) Kesehatan dilakukan di tiga Rumah Sakit, yaitu RS. Dr. Soetomo Surabaya, RSAL Dr. Ramelan, RSUD Saiful Anwar Malang,” paparnya.
 
Sementara itu, anggota KPU Jatim divisi Teknis, Insan Qoriawan mengatakan, sampai dengan batas waktu penutupan pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, tanggal 6 September 2020, pukul 24.00 WIB, sebanyak 41 Bapaslon telah mendaftarkan diri ke 19 KPU kabupaten/kota di Jatim
 
Adapun rinciannya, kata dia, sebanyak 35 Bapaslon mendaftarkan diri sebagai Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati, serta 6 Bapaslon mendaftarkan diri sebagai Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Sedangkan jumlah Bakal Calon yang berjenis kelamin laki-laki ada 67 orang, dan Bakal Calon yang berjenis kelamin perempuan ada 15 orang. Lalu Bapaslon yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik ada 39, serta Bapaslon yang melalui jalur perseorangan ada 2," katanya.
 
Selain itu pula, sebanyak 5 kabupaten yang jumlah pendaftarnya ada 3 Bapaslon, yakni Kabupaten Jember, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tuban, dan Kabupaten Lamongan.

Kemudian, kata dia, ada 12 kabupaten/kota yang jumlah pendaftarnya ada 2 Bapaslon. Yakni, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sumenep, Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya.
 
“Sementara itu ada 2 Kabupaten yang jumlah pendaftarnya hanya 1 Bapaslon, yakni Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Kediri. Dua Kabupaten ini selanjutnya akan kembali membuka pendaftaran Bapaslon Pemilihan 2020 selama 3 hari, yang sebelumnya didahului dengan sosialisasi perpanjangan pendaftaran selama 3 hari juga,” jelasnya. (Jnr)