Sabu Seberat 17 Kg Berhasil Diamankan Petugas dari 8 Orang Tersangka

Iklan

Sabu Seberat 17 Kg Berhasil Diamankan Petugas dari 8 Orang Tersangka

@surabayaaktual
04/09/20
Tersangka bersama barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas (Ist)

Surabayaaktual.com - Kinerja jajaran Polrestabes Surabaya memang layak untuk diapresiasi. Pasalnya, meski di tengah pandemi Covid-19, mereka tak berhenti bekerja dalam memberantas peredaran narkotika.

Terbaru, Polrestabes Surabaya kembali mengungkap jaringan narkotika di Kota Pahlawan. Dari ungkapan tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 17 kilogram dan berhasil menangkap 8 orang tersangka. 

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Jhonny Eddizon Isir mengatakan, pengungkapan jaringan ini berdasarkan dari enam laporan kepolisian. Yakni, mulai tanggal 25 Juli hingga 1 September 2020. 

"Total dari tersangka ada delapan. Dimana dari dua tersangka dilakukan tindakan tegas terukur, yang mengakibatkan tersangka yang meninggal dunia," kata Jhonny Eddizon Isir saat menggelar konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (3/9/2020) malam.

Kapolres menjelaskan, dari penangkapan tersangka berinisial DP (46) pada (1/9/2020) di salah satu apartemen di Surabaya, Polisi mengamankan 9 kilogram sabu. Tersangka ditembak mati saat melawan petugas dengan senjata api (senpi).

Isir menyampaikan dari jaringan ini, pihaknya mengamankan 17 kilogram narkotika jenis sabu. Dari belasan kilogram sabu tersebut senilai Rp 17 miliar. 

"Dari 17 kilogram sabu tersebut setidak-tidaknya bisa menyelamatkan 68.200 warga yang ribu agar tidak terpapar dengan sabu-sabu," ujar Isir. 

Isir menegaskan pihaknya komitmen untuk terus melakukan pemberantasan narkotika di Kota Surabaya. "Kunci dari pemberantasan narkotika, atau Never Ending War again Drugs. Kita juga berkomitmen (menangkap) naik ke pengendali yang ada di lapas tersebut," tandas Isir. 

Sementara itu, selain mengamankan barang bukti 17 kilogram narkotika, Polisi juga mengamankan beberapa barang bukti lain. Yakni, dua motor, enam mobil, senjata laras panjang, senjata api, enam senjata tajam dan juga satu buah apartemen yang digunakan sebagai sarana penyimpanan narkoba. 

Selain barang bukti, Polisi menangkap 8 tersangka, yakni berinisial ZD (47) warga Sidoarjo, LA (27) warga Surabaya, NV (24) warga Sidoarjo, RC (26) warga Surabaya, BS (36) warga Surbaya, MF (32) warga Surabaya, VV (20) warga Surabaya dan DP (46) warga Malang, keduanya meninggal dunia akibat melawan petugas saat ditangkap. 

Atas kejahatan tersangka, terancam dijerat Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 114 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika. (Dap/A1)